Cari Blog Ini

Selasa, 01 Juni 2010

STANDARISASI PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI MENURUT SRIG-PS SEARCC

SEARCC (South East Asia Regional Computer Confideration) merupakan suatu badan yang beranggotakan himpunan profesional TI yang terdiri dari 13 negara anggota. SEARCC dibentuk di Singapura pada bulan Februari tahun 1978. SEARCC memiliki suatu kegiatan yang disebut sebagai SRIG-PS (Special Regional Interest Group on Profesional Standarisation).

SEARCC mengembangkan klasifikasi pekerjaan dalam :
1. Cross Country, Cross-enterprise applicability (maksudnya pekerjaan yang ada harus relevan dengan kondisi region dan setiap anggotanya memiliki kesamaan pemahaman dan fungsi dari setiap pekerjaan).
2. Function oriented bukan title oriented (maksudnya gelar atau titel tiap negara bisa berbeda, namun yang terpenting adalah fungsi dari pekerjaan itu adalah sama).
3. Testable/certifiable (fungsi yang ada bisa didefinisikan dan dapat diukur/diuji).
4. Applicable (fungsi yang didefinisikan harus dapat diterapkan pada mayoritas profesional TI pada masing-masing region).

Pekerjaan yang direkomendasikan SRIGPS-SEARCC antara lain:
1. Programer (melakukan pemrograman komputer sesuai dengan sistem yang telah dirancang sebelumnya)
2. Analis sistem (membuat analisis dan desain terhadap suatu sistem sebelum dilakukan implementasi dan pemrograman lebih lanjut).
3. Manajer proyek (melakukan manajeman terhadap proyek-proyek berbasis sistem informasi yang tergantung dengan klasifikasi proyek yang dikerjakannya).
4. Instruktur (memberikan bimbingan, pengarahan dan pendidikan terhadap anak didik dan pekerja pada level di bawahnya).
5. Spesialis (membutuhkan keahlian khusus, misalnya Database, Security, System Software support, IS audit).