Cari Blog Ini

Rabu, 05 Mei 2010

ETIKA

Pengertian Etika
Menurut Depdikbud (1988) etika dirumuskan sebagai berikut :
  • Ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk, tentang hak dan kewajiban
  • Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak
  • Nilai mengenai benar salah yang dianut masyarakat
Menurut Profesor Robert Salomon etika dikelompokkan dalam dua definisi, yaitu :
  1. Etika merupakan karakter individu (beretika adalah orang yang baik)
  2. Etika merupakan hukum sosial, hukum yang mengatur, mengendalikan, dan membatasi perilaku manusia
Hubungan Etika, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan
Etika merupakan bagian dari filsafat, dan filsafat merupakan bagian dari limu pengetahuan. Etika merupakan bagian dari filsafat, yaitu filsafat moral. Etika juga merupakan sebuah ilmu, yaitu ketika etika berkembang menjadi studi tentang kehendak manusia dalam mengambil keputusan untuk berbuat, dan mendasari hubungan antara sesama manusia. Konteks etika sebagai filsafat dan ilmu pengetahuan harus dipisahkan antara etika dan moral. Etika adalah ilmu pengetahuan, sedangkan moral adalah objek ilmu pengetahuan tersebut.

Etika dan Moral
Secara etimologis, etika dapat disamakan dengan moral. Moral berasal dari bahasa latin "Mos" yang berarti juga sebagai adat istiadat. Secara etimologis kata moral sama dengan etika, yaitu nilai-nilai dan norma-norma yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah laku manusia dalam komunitasnya.

Jika dikaji lebih dalam, ada perbedaan antara etika dan moral (moralitas), yaitu etika adalah sebuah ilmu dan bukan ajaran, sedangkan yang memberi manusia norma tentang bagaimana manusia harus hidup dalam moralitas. Etika melakukan refleksi kritis atas norma dan ajaran moral tersebut (Frans Magnis Suseno, 1987).

Etika pada kondisi tertentu akan menjadi sama dengan moral, yaitu nilai-nilai yang menjadi pegangan dalam mengatur tingkah laku dalam komunitas. Kondisi lain etika berbeda dengan moral, karena etika merupakan refleksi kritis dari nilai-nilai moral.