Cari Blog Ini

Kamis, 10 Juni 2010

INOVATIF

Inovatif memiliki definisi sederhana sebagai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Beberapa pendapat mengenai inovasi, antara lain:
1. Robertson (1974), mengatakan: inovasi merupakan serangkaian tahapan dari teknikal, industrial dan komersialisasi.
2. Marquis (1969), mengatakan: inovasi adalah satu unit dari perubahan-perubahan teknologi yang mendorong perubahan-perubahan teknikal suatu perusahaan di dalam menghasilkan produk/ layanan-layanan atau penggunaan metode/ input yang dikenakan terhadapnya.
3. Urabe (1988), mengatakan : inovasi haruslah terdiri dari pengembangan dari satu gagasan baru dan diimplementasikan ke dalam satu produk, layanan dan proses yang bar, serta mengarah kepada pertumbuhan yang dinamis dari ekonomi nasional dan peningkatan dari ketenagakerjaan. Urabe juga menambahkan, bahwa inovasi merupakan penciptaan, pengenalan dan pengembangan yang berhasil dari produk-produk, layanan, atau proses yang baru.
4. Kuhn (1985) mengatakan: inovasi adalah berangkat dari kreativitas untuk membentuk sesuatu dari yang tidak ada sebelumnya dan kemudian dibentuk melalui gagasan-gagasan yang berkenaan dengan produk-produk atau layanan-layanan.
5. Badway (1988), mengatakan: dari kreativitas akan membawa sesuatu yang baru terhadap sesuatu yang ada, dan akan dibawakan melalui inovasi yang dikenakan terhadap sesuatu yang baru untuk digunakan.
6. Chell (2001) inovasi juga bermaksud berfikir untuk menghasilkan sesuatu yang baru.
7. Kinicki dan Williams (2003) mengatakan: inovasi merupakan kaedah mencari jalan untuk menghasilkan produk baru yang lebih baik.