Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 01 Juni 2010

MENINGKATKAN PROFESIONALISME DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi selalu berkembang. Hal ini menyebabkan profesional bidang TI harus senantiasa mengembangkan dan meningkatkan ilmu yang dimiliki serta mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Pekerja bidang TI dianggap belum profesional oleh sebagian masyarakat. Penyebab rendahnya profesionalisme bidang teknologi informasi adalah masih banyak pekerja bidang TI tidak menekuni profesinya secara total atau hanya sekedar sambilan serta belum adanya organisasi profesional yang menangani para profesional bidang TI.

Sebagai seorang profesional bidang TI, kita harus memiliki :
1. Dasar ilmu dan pengetahuan yang kuat sesuai dengan bidang TI.
2. Penguasaan konsep/ teori dan penerapannya melalui riset/penelitian dan mengembangkan metode/ penerapan praktisnya.
3. Pengembangan kemampuan profesinya secara berkesinambungan.

Untuk meningkatkan profesionalisme pekerja bidang TI perlu adanya sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam bidang TI. Di Indonesia untuk mengembangkan SDM yang ada, maka dibukalah berbagai program pendidikan di bidang TI, yaitu:
1. Program Sekolah 2000 (merupakan program yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet dengan harapan pelajar di Indonesia sudah mengenal internet sejak dini sehingga dapat membuka akses ke dunia luar).
2. Program SMK Teknologi Informasi (lulusan SMK TI diharapkan dapat bekerja di berbagai sektor, seperti operator, web designer atau technical support).
3. Program Diploma dan Sarjana Teknologi Informasi (lulusan diharapkan memiliki keterampilan dan memiliki kemampuan analisis dan perancangan sistem, sehingga dapat menghasilkan ahli-ahli bidang TI).

Selain usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan profesionalisme bidang TI, perlu adanya kegiatan pendidikan non formal seperti kursus dan adanya sertifikasi.