Cari Blog Ini

Kamis, 10 Juni 2010

PENGEMBANGAN DIRI

Dalam proses mengembangkan diri, kita perlu melakukan beberapa tahap awal, yaitu mencoba memahami dan mengenali diri kita sendiri.

Pemahaman dan pengenalan akan diri sendiri akan membantu kita dalam menentukan langkah dan mengambil keputusan penting dalam hidup.

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengenal diri kita adalah dengan mencoba mencari tahu fakta-fakta kebenaran mengenai diri kita sendiri. Mulailah menanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti dibawah ini :
1. Siapakah saya?
2. Apakah kelebihan saya?
3. Apakah kekurangan saya?
4. Bagaimana kemampuan saya?
5. Apakah minat saya?
6. Apakah bakat saya?
7. Mengapa saya ada?
8. Apa keinginan terbesar saya?
9. Bagaimana saya memulai sesuatu?

Setelah dapat menjawab semua pertanyaan tersebut, cobalah menanyakan kembali pertanyaan berikut ini:
1. Apakah cita-cita saya?
2. Apakah tujuan hidup saya?
3. Bagaimana saya mewujudkan cita-cita saya?
4. Mengapa saya kuliah?
5. Mengapa saya mengambil jurusan TI/SI?

Kemudian juga tanyakan :
1. Apakah saya kritis?
2. Apakah saya kreatif?
3. Apakah saya inovatif?

Setelah mengetahui dan dapat menjawab semua pertanyaan yang ada, mulailah melangkah. Langkah pertama adalah mengambil keputusan untuk memulai, kemudian melakukan apa saya yang harus dilakukan dan tidak pernah akan berhenti lama pada satu titik. Berusaha untuk selalu menemukan hal baru. Berusaha untuk menemukan ide/ gagasan yang baru akan sesuatu. Buatlah visualisasi yang kuat akan ide/ gagasan kita, dan wujudkanlah semua ide yang mungkin bisa kita wujudkan.

Kembangkan semua kemampuan dan pengetahuan anda. Jadilah seorang IT yang kritis, kreatif dan inovatif