Cari Blog Ini

Minggu, 23 Mei 2010

Sejarah Etika Komputer

1. Era 1940-1950-an
Norbert Wiener dengan beberapa rekan kerjanya sepakat bahwa harus memperhatikan sisi lain dari sebuah perkembangan teknologi, yaitu etika. Pada tahun 1950, Wiener menerbitkan sebuah buku berjudul "The Human Use of Human Beings. Dalam bukunya ini Wiener meletakkan suatu fondasi menyeluruh untuk analisa dan riset tentang etika komputer. Bagian-bagian pokok dalam buku tersebut adalah: tujuan hidup manusia, empat prinsip hukum, metode yang tepat untuk menerapkan etika, diskusi tentang masalah-masalah pokok etika komputer dan contoh topik kunci tentang etika komputer.
2. Era 1960-an
Pertengahan 1960, Donn Parker melakukan berbagai riset untuk menguji penggunaan komputer yang tidak sah dan tidak sesuai dengan profesionalisme di bidang komputer. Selanjutnya melakukan riset dan mengumpulkan berbagai contoh kejahatan komputer dan aktivitas lain yang menurutnya tidak pantas dilakukan para profesional komputer. Parker juga menerbitkan "Rules of Ethics in Information Processing" atau peraturan tentang etika dalam pengolahan informasi. Parker adalah pelopor kode etik profesi dan pada tahun 1968 dia ditunjuk untuk memimpin pengembangan kode etik profesional yang dilakukan untuk Association for Computing Machinery (ACM).
3. Era 1970-an
Pada tahun 1960, Joseph Weizenbaum menciptakan program komputer yang disebut Eliza sebagi tiruan Psychoterapist Rogerian yang melakukan wawancara dengan pasien yang akan diobatinya. Tahun 1976 Weizenbaum membuat buku berjudul "Computer Power and Human Reason", yang didalamnya banyak menyatakan gagasan perlunya etika komputer. Pada tahun 1970-an juga muncul Walter Maner yang sudah mulai menggunakan istilah "Computer Ethics". Pada thaun 1978 ia mempublikasikan Starter Kit in Computer Ethics yang berisi materi kurikulum untuk para pengajar universitas dalam pengembangan pendidikan etika komputer.
4. Era 1980-an
Pertangahan 80-an James Moor menerbitkan artikel "What is Computer Ethics?". Pada tahun 1985, Deborah Johnson menerbitkan buku teks "Computer Ethics" yang kemudian menjadi buku teks pertama yang digunakan lebih dari satu dekade dalam bidangnya.
5. Era 1990-an sampai sekarang
Donald Gotterbarn, Keith Miller, Simon Rogerson dan Dianne Martin melakukan riset mengenai tanggung jawab profesional di bidang komputasi.
Berkat jasa dan kontribusi pemikiran para ilmuwan di bidang etika komputer, akhirnya etika komputer menjadi salah satu bidang utama pada banyak pusat riset dan perguruan tinggi di dunia dan akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan komputer itu sendiri.
6. Di Indonesia
Di Indonesia Etika komputer tidak berdiri sebagai bidang studi tersendiri, namun dimasukkan dalam bidang studi yang relevan. Misalnya memasukkan etika komputer dalam mata kuliah etika profesi bidang Teknologi Informasi.