Cari Blog Ini

Minggu, 09 Mei 2010

MACAM ETIKA

BERDASARKAN BAIK BURUK PERILAKU
  1. Etika Deskriptif adalah etika yang berusaha meneropong secara kritis, dan rasional sikap dan perilaku manusia dan apa yang dikejar manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika Deskriptif memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang perilaku atau sikap yang mau diambil.
  2. Etika Normatif adalah etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang seharusnya dimiliki manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberikan penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.
Secara umum Etika dibagi menjadi:
  • Etika Umum : berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana mengambil keputusan etis, dan prinsip-prinsip moral yang menjadi pegangan manusia dalam bertindak serta tolok ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan.
  • Etika Khusus : merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini dapat berwujud : bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan yang didasari cara, teori dan prinsip-prinsip moral. Dapat berwujud juga : bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain.
Etika khusus dibedakan lagi menjadi :
  1. Etika individual, yaitu menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri.
  2. Etika sosial, yaitu berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.
Etika individu dan sosial tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya, karena kewajiban manusia terhadap dirinya sendiri dan sebagai anggota umat manusia adalah saling berkaitan.