AWAL E-COMMERCE
- DIAWALI MUNCULNYA TEKNOLOGI ELECTRONIC DATA INTERCHANGE (EDI) DAN ELECTRONIC FUND TRANSFER (EFT) AKHIR TAHUN 1970-AN.
- AWAL 1980-AN MUNCUL TEKNOLOGI YANG MENDUKUNG ELECTRONIC CREDIT CARD, AUTOMATED TELLER MACHINE DAN TELEPHONE BANKING YANG MERUPAKAN BENTUK2 E-COMMERCE.
CAKUPAN E-COMMERCE
BEBERAPA BIDANG CAKUPAN E-COMMERCE ADALAH TEKNIK, MULTIMEDIA, PEMASARAN, PEMBELIAN, PENJUALAN, PENAGIHAN, DAN PEMBAYARAN.
SEBAB E-COMMERCE BERKEMBANG PESAT
- PROSES TRANSAKSI SINGKAT
- MENJANGKAU LEBIH BANYAK PELANGGAN
- BIAYA OPERASIONAL LEBIH MURAH
- KEPUASAN PELANGGAN DENGAN ADANYA PELAYANAN YANG CEPAT DAN MUDAH
- MUDAH DAN CEPATNYA MELAKUKAN UPDATE DATA SECARA BERKESINAMBUNGAN
BEBERAPA PERMASALAHAN DALAM E-COMMERCE
- PRINSIP YURISDIKSI (TEMPAT TRANSAKSI, HUKUM KONTRAK, DAN WILAYAH) E-COMMERCE MENYEBABKAN LUASNYA WILAYAH CAKUPAN BAIK REGIONAL MAUPUN INTERNASIONAL
- KONTRAK DALAM TRANSAKSI ELEKTRONIK MEMUNCULKAN PERMASALAHAN LEGALITAS KONTRAK
- PERLINDUNGAN KONSUMEN. ADANYA TOKO ONLINE FIKTIF, BARANG YANG DIKIRIM RUSAK, PEMBAYARAN TIDAK DIAKUI KEBENARANNYA OLEH PENJUAL
- PERMASALAHAN PAJAK. MUNCUL SAAT BERKAITAN DENGAN BATAS2 NEGARA, MIS: TOKO ONLINE YANG DIDAFTARKAN SERVERNYA DI AUSTRALIA SEDANGKAN TRANSAKSI DAN TOKO ONLINE DI INDONESIA : SIAPAKAH NEGARA YANG BERHAK MEMUNGUT PAJAK?
- PEMALSUAN TANDA TANGAN DIGITAL YANG DILAKUKAN PIHAK-PIHAK YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI